Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Manfaat Lain Fitur Airplane Mode HP Android yang Harus Kamu Ketahui

5 Manfaat Lain Fitur Airplane Mode HP Android yang Harus Kamu Ketahui

Tentunya kalian para pengguna HP android pasti tau mengenai fitur yang sudah pasti ada di hp android, yaitu fitur mode pesawat atau bisa disebut airplane mode, atau mode penerbangan, atau mode offline. Apakah selama ini kalian sudah mengetahui tentang fitur yang satu ini?. Airplane mode adalah salah satu fitur yang perlu kalian gunakan saat sedang dalam perjalanan menggunakan transportasi pesawat terbang. Tujuannya dari adanya fitur ini yaitu agar sinyal hp kalian tidak mengganggu sistem komunikasi pesawat yang sedang dinaiki. Dan biasanya dari pihak maskapai juga akan menyuruh para penumpang pesawat untuk mengaktifkan fitur mode pesawat karena alasan keamanan dan kenyamanan bersama.

Dan ternyata fitur airplane mode atau mode penerbangan tidak hanya dapat kalian gunakan saat berada di dalam pesawat terbang saja, akan tetapi kalian juga bisa memanfaatkan fitur ini saat tidak sedang melakukan penerbangan. Mungkin jika sebelumnya kalian hanya mengetahui bahwa fitur ini digunakan saat sedang naik pesawat saja, maka kali ini kalian akan mengetahui apasaja kegunaan lain dari fitur mode pesawat atau airplane mode. Lalu apasaja manfaat lain dari adanya fitur airplane mode yang bisa kalian gunakan sehari-sehari?. Berikut ini ulasannya yang Kami sajikan untuk Anda.

Baca juga - Penyebab aplikasi android tiba-tiba berhenti/force close dan cara mengatasinya.

Berikut ini 5 manfaat mengaktifkan airplane mode di hp android :


1. Menghindari notifikasi yang masuk ke ponsel yang dapat mengganggu 

Dengan mengaktifkan fitur airplane mode, maka kalian akan bisa berkonsentrasi saat sedang melakukan sesuatu hal, karena jika fitur aiplane mode itu aktif maka semua notifikasi-notifikasi yang bisa mengganggu kalian seperti notifikasi perpesanan, notifikasi e-mail, maupun notifikasi dari sosial media tidak akan bisa masuk. Hal ini dikarenakan jika airplane mode aktif, maka smartphone tidak bisa terhubung ke jaringan seluler dan juga jaringan internet. Jadi dengan hal itu maka orang lain juga tidak akan bisa menelpon atau menghubungi kalian saat airplane mode diaktifkan. Dan kalian tidak usah khawatir lagi dengan notifikasi yang dapat mengganggu.


2. Dapat digunakan untuk menghemat daya baterai ponsel

Manfaat berikutnya dari airplane mode adalah dapat menghemat penggunaan daya baterai smartphone. Pasalnya, saat airplane di aktifkan maka tidak akan bisa terhubung ke jaringan seluler dan juga jaringan internet. Maka tentunya dengan hal tersebut beban penggunaan daya baterai ponsel yang menjadi berkurang. Jadi yang semula baterai ponsel cepat habis karena menjalankan tugas-tugas dari banyak aplikasi yang terhubung, maka dengan mengaktifkan airplane mode akan dapat mengurangi aplikasi yang berjalan atau terhubung. Oleh karena itu baterai ponsel akan lebih irit atau tidak cepat habis.

Nah, jika seperti itu adanya kalian bisa menerapkan fitur airplane mode saat sedang traveling atau liburan. Karena jika kalian sedang liburan atau traveling maka hal yang menjadi problema atau masalah biasanya terjadi pada daya baterai ponsel dan kalian tidak bisa mengisi daya baterai dengan jangka waktu yang lama atau tidak sampai penuh. Maka disarankan apabila ingin menghemat konsumsi daya baterai ponsel kalian maka aktifkan mode pesawat atau airplane mode.


3. Mempecepat waktu pengisian daya baterai

Masih berhubungan dengan sebelumnya, apabila kalian mengaktifkan mode airplane di hp android kalian maka akan dapat menghemat dalam penggunaan daya baterai. Jika daya baterai kalian habis maka tentunya yang kalian butuhkan adalah mengecas hp dong. Ketika dalam perjalanan atau saat sedang traveling maka biasanya seseorang akan menginginkan waktu pengecasan atau pengisian baterai ponsel yang cepat. Nah, dengan mengaktifkan airplane mode maka pengisian baterai akan lebih cepat penuh. Mengingat saat mode airplane di aktifkan maka aktifitas atau tugas di ponsel menjadi berkurang.


4. Meringankan Kinerja Smartphone

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya diatas bahwa saat airplane mode itu aktif, maka smartphone kalian tidak akan terhubung ke jaringan seluler maupun jaringan internet. Sehingga secara otomatis semua aplikasi yang terhubung ke jaringan seluler atau jaringan data internet tidak akan bisa terhubung. Seperti aplikasi whatsapp, facebook, instagram, dan lain-lain sebagainya yang memang apabila data internet diaktifkan maka akan selalu terhubung yang tentunya akan menghabiskan daya baterai.


5. Dapat digunakan untuk memperkuat sinyal internet

Pastinya kalian pernah mengalami koneksi internet yang buruk bukan?. Atau bahkan saat sedang chatting pesan kalian tidak terkirim-terkirim karena jaringan internet yang buruk. Terlebih lagi jika pesan yang kalian kirim begitu penting, tentunya akan sangat menyebalkan bukan?. Maka kalian bisa menggunakan cara untuk mengatasi hal tersebut jika memang kalian sedang mengalaminya yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat pada hp kalian. caranya yaitu silahkan kalian masuk ke airplane mode selama kurang lebih 10 sampai 15 detik. Dan jika sudah, maka selanjutnya kalian nonaktifkan airplane mode. Kemudian tunggu beberapa saat sampai hp kalian terhubung ke internet. Maka setelah itu dengan menggunakan teknik atau cara diatas maka koneksi internet yang tadinya buruk atau lemah dapat menjadi lebih kuat.

Oke itulah tadi beberapa manfaat atau kegunaan lain dari fitur airplane mode yang bisa kalian gunakan. Mengingat masih jarang pengguna yang memang belum memanfaatkan fitur yang satu ini. Padahal kalau dipikir-pikir akan sangat membantu.

Akhir kata semoga postingan artikel pada kali ini tentang 5 manfaat lain dari airplane mode di hp android bisa bermanfaat bagi kalian. Jika bermanfaat, maka silahkan share artikel ini ke teman atau kerabat kalian yang lain agar mereka juga dapat mengetahuinya. Terimakasih atas waktunya dan sampai jumpa kembali di postingan artikel selanjutnya.