Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Ekstrak File ZIP Di HP Android Tanpa Menggunakan Komputer / Laptop

Cara Ekstrak File ZIP di HP Android - Sebelum ke pembahasan mengenai cara ekstrak file zip dengan menggunakan hp android, maka perlu kalian ketahui juga apa itu format file zip. File Zip merupakan file kompresi yang memungkinkan beberapa data atau file untuk dikumpulkan menjadi satu wadah dengan ukuran yang diperkecil. Keuntungan dari adanya file Zip ini yaitu dapat memudahkan pemidahan file-file dalam satu paket. Selain itu file atau data tersebut juga akan lebih mudah saat dipindahkan, karena memang ukurannya menjadi lebih kecil atau dikompress.

Format file Zip ini seringkali digunakan oleh orang-orang untuk membuat ukuran suatu file agar menjadi lebih kecil. Jika kalian biasa mendownload file-file dari internet, maka tentunya akan kalian temui file-file dengan format Zip di berbagai web hosting. Seperti misalnya pada saat kalian mendownload game, aplikasi, subtitle pada film atau berkas-berkas lainnya yang berupa file zip. Nah, file zip ini memang sengaja dibuat oleh uploader file karena memang ukurannya yang dikompres menjadi lebih kecil sehingga pada saat proses upload dan download menjadi lebih cepat.

Jika kalian mempunyai sebuah komputer atau laptop maka melakukan ekstrak file zip tidak sulit yaitu kita tinggal mengekliknya saja file tersebut. Namun berbeda jika kalian ingin membuka file zip tersebut dengan menggunakan ponsel android. Bagi kalian yang belum menggunakan ponsel android yang dalam fitur bawaannya belum mendukung untuk melakukan ekstrak file zip mungkin akan membuatnya bertanya-tanya tentang bagaimana cara ekstrak file zip di android?. Karena memang file zip ini tidak bisa langsung di ekstrak sehingga kita memerlukan sebuah cara khusus untuk melakukannya.

Untuk bisa membuka file dengan format zip di android maka untuk melakukannya silahkan kalian download aplikasi yang ada dalam google playstore. Nah, di dalam aplikasi playstore sendiri terdapat banyak sekali aplikasi yang bisa digunkaan untuk meng-ekstrak file zip. Namun pada kesempatan kali ini saya menggunakan sebuah aplikasi bernama ES File Exsplorer. Dan untuk langkah-langkahnya kalian bisa simak ulasannya di bawah ini.


Berikut ini cara ekstrak format file zip di android :



  • Langkah pertama yaitu download dan install aplikasi ES File Explorer di google playstore.
  • Jika sudah, silahkan buka aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya kalian cari file zip yang akan di ekstrak atau dibuka.
  • Setelah itu, kemudian kalian tekan atau klik pada file berformat zip tersebut, maka saat itu akan muncul menu pengelolaan file.
  • Selanjutnya kalian pilih lebih banyak. Dan kemudian lanjutkan dengan pilih opsi ekstrak ke. Setelah itu klik ok.
  • Selesai.
Untuk lebih jelasnya mengenai langkah-langkahnya bisa kalian lihat melalui gambar yang ada dibawah ini.

Cara Ekstrak File ZIP Di HP Android Tanpa Menggunakan Komputer / Laptop


Oke itulah cara membuka file berformat zip di hp android yang belum didukung untuk melakukan ekstrak file. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kalian. Terimakasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca dan selamat mencobanya.