Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kenapa Suara Speaker di Android Makin Mengecil? Berikut Ini Cara Memperbaikinya

Cara memperbaiki speaker pada smartphone yang suaranya makin kecil - Dengan suara speaker di smartphone android yang semakin mengecil atau suara dari speaker hp android menjadi pelan maka tentunya akan menghambat aktivitas sehari-hari yang dilakukan, seperti mendengarkan musik, menonton video atau film, dan ketika melakukan panggilan maka suara akan terdengar kecil saat menghidupkan loudspeaker.

Terkadang jika suara speaker pada ponsel menjadi semakin kecil, biasanya terjadi pada smartphone yang memang sudah lama dipakai atau digunakan. Akan tetapi tak menutup kemungkinan juga bahwa semua ponsel android yang terbaru saat ini tidak mendapatkan suatu permasalahan. Dan permasalahan yang paling umum terjadi pada ponsel android yaitu suara speaker terdengar makin pelan dari sebelumnya. Walaupun tombol volume sudah diatur maksimal, namun tetap saja suara yang dihasilkan kecil.

Untuk itu kalian perlu mengetahui penyebab mengapa suara speaker di hp android menjadi mengecil selanjutnya kalian dapat mencoba solusi apa yang bisa kalian lakukan dan terapkan untuk mengatasi permasalahan pada speaker yang mulai mengecil suaranya tersebut.

Dan berikut adalah hal-hal yang bisa saja menjadi penyebab speaker android menjadi kecil :

  • Banyaknya kontaminasi debu yag menempel di dalam speaker, dimana hal ini dapat menyebabkan getaran speaker menjadi terhambat hingga suara yang keluar akan menjadi kecil.
  • Adanya kerusakan kecil yang ada dalam part speaker, seperti kulit speaker yang sedikit robek. Maka hal ini bisa membuat terganggunya kualitas suara speaker.
  • Kabel volume (+) dan (–) yang tidak menempel dengan rekat, dimana hal ini dapat juga menyebabkan suara speaker menjadi tidak jelas, tidak tersambung, dan hingga suara menjadi kecil.

Beberapa hal atau kegiatan yang pernah kalian lakukan tentunya perlu diingat kembali, terkadang beberapa hal seperti melakukan aktivitas keseharian dapat membuat speaker mendapati masalah seperti ini. Karena kemungkinan permasalahan yang timbul dari suara speaker yang kecil terjadi karena sikap atau hal-hal yang dilakukan terhadap ponsel secara tidak sadar.

Nah, untuk memperbaiki semua permasalahan yang terjadi dengan suara speaker hp android yang kecil, maka kami akan merangkum beberapa solusi untuk mengatasi suara speaker yang terdengar kecil berbeda dari biasanya yang bisa kalian terapkan agar ponsel kalian dapat kembali seperti sediakala. 

Berikut ini cara memperbaiki speaker di hp android yang suaranya kecil :


  • Bersihkan speaker yang kotor
Jika speaker pada smartphone tertutup debu hinga suara menjadi kecil kalian bisa mengatasinya dengan cara membuka body atau casing android kalian. Setelah itu kemudian kalian bisa membuka perkat dan dudukan speakernya secara perlahan. Kemudian lanjutkan dengan membersihkan dengan kuas kecil dengan membersihkannya secara pelan dan bersih. Dan kemudian tutup kembali body. Selain itu kalian bisa mencoba cara ini dengan melakukan pembersihan secara berkala, agar menjadi bersih dan dapat menghasilkan suara yang baik.


  • Bersihkan cache sampah pada smartphone
Suara pada speaker mengecil itu bisa disebabkan karena banyak file cache dari beberapa aplikasi, untuk itu kalian bisa menghapus cache secara keseluruhan dengan menggunakan aplikasi Clean Master. Sehingga ditujukan agar semua proses yang berjalan dapat lancar kembali.


  • Lakukan restart pada smaartphone
Penyebab yang menjadikan suara speaker kalian menjadi kecil bisa jadi karena gangguan kecil seperti eror pada sistem operasi atau aplikasi yang digunakan. Untuk itu kalian bisa mencobanya dengan cara me-restart smartphone kalian, sehingga dengan cara ini smartphone kalian akan menjadi segar kembali.


  • Gunakan aplikasi untuk memperbaiki kualitas suara
Kalian bisa mencari alternatif lain selain melakukan pembongkaran smartphone sendiri. Yaitu kalian dapat menggunakan sebuah bantuan aplikasi khusus pada google playstore seperti aplikasi Volume Booster. Sehingga dengan bantuan aplikasi ini tentu suara yang dihasilkan akan lebih kuat dan kencang.


  • Lakukan unroot jika smartphone pernah diroot
Agar semua fitur pada smartphone kalian ingin berjalan atau berfungsi normal kembali. Bagi kalian yang pernah melakukan root terhadap ponsel kalian, maka kalian bisa lakukan unroot kembali. Karena dengan melakukan root terkadang ada beberapa fitur tidak bisa bekerja atau berfungsi dengan baik, atau bisa dikatakan mengalami error.


  • Factory Reset
Cara ini bertujuan agar fungsi android kalian kembali ke pengaturan awal atau seperti baru lagi. Kalian bisa mencoba cara ini namun jangan lupa untuk membackup seluruh data kalian yang tersimpan pada smartphone terlebih dahulu. Agar data-data yang tersimpan tidak hilang atau terhapus.


  • Datang ke service center

Dan untuk yang terakhir jika dirasa semua langkah-langkah yang diatas sudah dilakukan namun tidak berhasil, maka kemungkinan ada komponen dalam speaker kalian mengalami kerusakan. Sehingga dengan kata lain kalian harus mengganti unit speaker dengan yang baru. Sebagai bahan pertimbangan dan juga rekomendasi kalian bisa datang langsung ke service center resmi guna memperbaiki dan menindaklanjuti permasalahan yang dialami.



Nah, demikianlah beberapa ulasan mengenai kenapa speaker di smartphone menjadi kecil dan solusi yang dilakukan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk tinggalkan komentar kalian pada kolom komentar yang telah tersedia di bawah. Terima kasih atas kunjungannya dan nantikan postingan menarik lainnya di blog ini.