Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Solusi Meningkatkan Performa Android Tanpa Root

Cara meningkatkan performa hp android agar tidak lemot - Sewajarnya pada saat membeli smartphone dalam kondisi baru maka kinerja dari smartphone tersebut akan berjalan masih sangat baik. Seperti loading yang cepat dan juga proses berjalannya aplikasi akan sangat lancar. Sehingga untuk menjalankan beberapa aplikasi atau aktivitas lain menjadi sangat baik dan cepat.

Namun ada kalanya jika usia pakai smartphone android cukup lama dan pada kondisi tertentu terkadang membuat kinerja dari smartphone android tersebut menjadi lemot atau lelet. Jika kondisi hp android menjadi lemot hal ini tentu akan membuat kita sendiri menjadi kesal ketika menggunakannya.

Inilah Solusi Meningkatkan Performa Android Tanpa Root

Baca juga :



Meski bukan menjadi masalah yang serius, namun jika kondisi smartphone yang lemot tetap dibiarkan maka hal ini akan cukup mengganggu kegiatan kita pada saat menggunakan smartphone tersebut. Dan umumnya faktor ini disebabkan karena memory internal sudah penuh dan juga RAM yang digunakan di android sudah tidak cukup.

Dan karena fungsi RAM memiliki peranan penting di android. Jadi semakin besar kapasitas RAM maka bisa semakin banyak pula multitasking yang bisa kalian lakukan. Maka dari itu semakin banyak aktivitas yang kalian buka atau kalian jalankan di android, maka kinerja RAM harus bekerja lebih keras. Jika kapastitas RAM tidak cukup inilah yang akhirnya menyebabkan android kalian menajadi lemot.

Dari banyaknya persoalan dan juga masalah yang sering muncul di android, maka banyak orang juga yang berfikir untuk melakukan root untuk membuat kinerja smartphone manjadi lebih meningkat dan juga lebih optimal. Namun ternyata untuk meningkatkan performa android tanpa root pun dapat kita lakukan. Jelas cara ini lebih aman tanpa takut terjadi resiko yang tak di inginkan.

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak baik-baik ulasan dibawah ini yaitu tentang beberapa hal-hal yang dapat meningkatkan performa smartphone android tanpa perlu melakukan root.  


Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Cara meningkatkan performa hp android agar tidak lemot


Jika kalian memiliki aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tak pernah dipakai. Akan lebih baik kalian hapus saja. Karena ada jenis aplikasi tertentu yang berjalan di latar belakang walaupun kalian tidak membukanya. Dan hal ini yang menyebabkan RAM kalian menjadi cepat penuh yang jarang kalian ketahui.

Seperti contoh aplikasi messenger. Walaupun aplikasi tidak kalian buka namun aplikasi ini tetap akan berjalan karena sewaktu-waktu akan ada notifikasi ketika ada pesan masuk. Nah, sebagai solusinya kalian bisa uninstall aplikasi yang jarang kalian gunakan agar RAM lebih lega dan juga ringan saat digunakan untuk multitasking atau membuka aplikasi secara bersamaan.


Pindahkan aplikasi ke memory eksternal

cara mengatasi smartphone android lemot

Ketika kalian menginstall aplikasi di android maka biasanya akan terinstall di memory internal. Cobalah untuk selalu memindahkan aplikasi yang ada di internal memory ke memory eksternal agar ruang internal menjadi lega. Sehingga file cache yang menumpuk dari sebuah aplikasi tidak terlalu memberatkan kinerja ponsel.


Jangan gunakan live wallpaper

cara meningkatkan performa ponsel android yang mulai lemot

Dibalik unik dan menariknya dari sebuah live wallpaper ternyata salah satu cara mempercantik tampilan home android ini banyak memakan RAM dan juga memboroskan baterai. Karena pada dasarnya live walpaper merupakan sebuah aplikasi yang menggunakan efek animasi yang selalu berjalan atau bergerak dalam situasi apapun.

Baca juga - Tips cara agar baterai hp android lebih awet atau tidak boros

Nah, buat kalian yang ingin ponsel kalian tetap lancar dan penggunaannya tetap optimal, maka kalian bisa menggunakan walpaper yang biasa saja. Kalian bisa lihat sendiri perbedaan ketika menggunakan wallpaper biasa dan juga live wallpaper.


Install aplikasi Cleaner

cara mengatasi hp android lemot tanpa root ponsel

Nah, dengan salah satu cara ini yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi pembersih sampah atau cache dalam android ternyata sangatlah membantu untuk mempercepat kinerja ponsel. Kalian bisa menggunakan clean master untuk membersihkan sampah sampah pada ponsel android. Dan kalian bisa lihat faktanya bahwa aplikasi ini mampu menambah memory dan juga kecepatan hingga 80%. Untuk aplikasi cleaner kalian bisa menggunakan sebuah aplikasi bernama cc cleaner yang bisa kalian dapatkan melalui google playstore.


Update ROM atau Firmware

cara agar ponsel android tidak lemot atau lelet

Tidak sedikit dari kita yang masih bingung dan belum mengetahui cara update ROM. Dengan begitu tampilan android kita pun akan biasa-biasa saja. Sebagai contoh dengan melakukan update rom kalian bisa mengupgradenya dari Gingerbread ke jelly bean. Maka dari itu yang jelas cara ini bisa membantu kalian dalam mengoptimalkan smartphone yang kalian miliki.

Dan biasanya smartphone yang kita miliki pun akan menerima notifikasi jika ada pembaharuan sistem, yang dikirimkan dari produsen. Dimana bertujuan untuk memperbaiki Bug atau kelemahan. Atau bisa diartikan juga sebagai celah keamanan dari sistem sebelumnya. Dengan kalian rajin megupdate ROM dan firmware secara berkala tentu saja bisa membantu mempercepat kinerja android kalian tanpa harus root.

Yups, segera cek ponsel kalian barang kali setelah membaca artikel ini update sistem android terbaru sudah dikirimkan dari produsen ke ponsel kalian.


Oke demikianlah postingan artikel pada kesempatan kali ini tentang cara meningkatkan performa android tanpa root ponsel. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa share artikel ini keteman, mantan pacar, dan lain sebagainya. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.