Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Scan Dokumen di HP Android Dengan Aplikasi Google Drive

Cara scan data atau dokumen pakai HP android via google drive - Ingin scan dokumen yang gampang dan tidak ribet? mungkin kalian bisa menggunakan cara ini yaitu dengan menggunakan smartphone android saja. Jadi sangat lah praktis dan murah. Karena kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke tukang scan dan membayar biaya scan yang bisa dibilang tidak lah begitu murah. Jika hanya beberapa mungkin masih lah tidak begitu berpengaruh terhadap keuangan kita. Namun apabila yang data atau dokumen yang di scan itu banyak maka tentunya akan jadi boros.

Nah, sebagai alternatifnya kalian dapat melakukan scan dokumen cukup dengan bermodalkan hp android saja. Jadi ketika suatu saat kalian membutuhkan softcopy seperti ingin scan ktp, foto, ijazah, atau dokumen lain-nya, kalian bisa memanfaatkan hp android milikmu untuk scan dokumen tersebut tanpa harus pergi ke tempat jasa scan dokumen.

Cara Praktis Melakukan Scan Dokumen Dengan Hanya Menggunakan HP Android
Jika kita ketahui bersama bahwa memang peran scan dokumen dalam hal tertentu bisa dibilang sangatlah penting. Seperti saat melamar pekerjaan secara online, jadi suatu perusahan pasti menginginkan dokumen yang terlampir harus berbentuk softcopy atau berbentuk dokumen yang sudah di scan. Nah, maka dari itu tentunya kalian haruslah melakukan scan data/dokumen.

Dan untuk melakukan scan dokumen kita bisa melakukan-nya dengan menggunakan sebuah aplikasi google drive, dimana aplikasi ini mempunyai fungsi dasar sebagai tempat penyimpanan gratis di internet. Jadi selain digunakan sebagai alat scan, kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi google drive untuk menyimpan dokumen-dokumen penting yang bersifat pribadi, sebagai tempat berbagi file berukuran besar dan masih banyak lagi.

Cara scan dokumen lewat android menggunakan google drive :

  • Langkah yang pertama yang harus kalian lakukan jika ingin scan data via aplikasi google drive, yaitu pastinya buka terlebih dahulu aplikasi google drive-nya, kemudian upload sebuah file dengan cara menekan ikon +.
  • Dan setelah itu lanjutkan dengan mengeklik pindai atau scan. Untuk lebih jelasnya maka kalian lihat saja pada gambar berikut ini.
Cara Praktis Melakukan Scan Dokumen Dengan Hanya Menggunakan HP Android

  • Langkah selanjutnya yaitu kalian tinggal ambil gambar dari dokumen yang kalian miliki dengan camera ponsel. Untuk melakukannya maka klik ikon biru untuk mengambil foto dan lanjutkan dengan crop untuk mengatur ukuran yang kalian inginkan. Dan jika sudah, silahkan kalian klik ikon ceklis. Dan kemudian kalian tunggu sampai dokumen-nya terupload dalam bentuk file pdf.
Cara Praktis Melakukan Scan Dokumen Dengan Hanya Menggunakan HP Android
  • Dan jika sudah ter-upload file-nya, maka langkah yang selanjutnya silahkan kalian klik ikon 3 titik pada sebelah kanan nama file untuk membuka file yang sudah terupload tadi. Kalian bisa menyimpan hasilnya ke gallery dengan menekan ikon download dan kalian bisa membagikan ke teman-teman kalian dengan menekan ikon salin link.
Cara Praktis Melakukan Scan Dokumen Dengan Hanya Menggunakan HP Android

  • Selesai

Demikianlah cara mudah scan dokumen melalui android via google drive. Semoga tutorial diatas dapat bermanfaat bagi kalian dan jika berkenan maka share artikel ini ke teman kalian yang lain agar mereka juga dapat mengetahuinya. Terimakasih dan selamat mencoba.