Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall Dengan Clean Master

Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall Dengan Clean Master - Buat para pengguna smartphone android yang selalu mengistall aplikasi di hp android terutama jika melalui google playstore, maka pastinya file APK atau file mentahannya tidak akan tersimpan otomatis pada penyimpanan hp android. Hal tersebut sangat disayangkan apabila kita hendak ingin melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Karena jika sudah lakukan uninstall atau hapus aplikasi, maka jika suatu saat kita butuh kembali kita tak bisa mengambil file apk nya dan salah satu caranya kita harus mendownloadnya kembali di dalam aplikasi playstore.

Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall Dengan Clean Master

Oleh karenanya, salah satu cara yang bisa kita lakukan ketika kita menginginkan untuk mengistall kembali aplikasinya yaitu kita harus membackup terlebih dahulu aplikasi android kita menjadi sebuah file mentah dengan format APK. Karena membackup adalah suatu cara untuk mengantisipasi agar file atau aplikasi kita tidak hilang saat di install ulang. Nah saat ini untuk membackup aplikasi menjadi sebuah file apk ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan. Namun ditutorial kali ini kita akan melakukan backup aplikasi yang sudah terinstall di android dengan menggunakan aplikasi Clean Master.
Dengan menggunakan aplikasi clean master, disamping kita bisa membackup aplikasi android, kita juga akan mendapatkan manfaat lain dari aplikasi tersebut yakni antara lain bisa digunakan untuk membersihkan sampah di penyimpanan android, membebaskan RAM, membersihkan cache, membersihkan virus, dan lain sebagainya guna untuk meningkatkan kinerja atau performa dari hp android. Nah untuk tahap backup aplikasi menjadi file APK menggunakan clean master kalian bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Backup Aplikasi Yang Sudah Terinstall di HP Android Dengan Clean Master :

  • Pertama-tama yang harus dilakukan jika memang belum punya aplikasi CM (clean master) maka download dan install terlebih dahulu aplikasinya, dan jikalau memang sudah terpasang di perangkat android kalian.
  • Selanjutnya langsung saja untuk membuka aplikasi Clean master untuk memulai melakukan backup file aplikasi dengan pilih pada menu Alat (Tools) dan Kemudian kalian pilih/tap menu pengelola aplikasi.
Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall Dengan Clean Master
  • Nah, setelah itu silahkan kalian pilih aplikasi yang ingin kalian backup. Sebagai contohnya saya akan melakukan backup ke aplikasi inshot supaya bisa mendapatkan file mentahannya.
  • Cara membackup-nya adalah dengan mengeklik aplikasi inshot dan kemudian akan muncul menu buat cadangan paket penginstallan. Nah, disitu kalian tinggal klik saja.

Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall Dengan Clean Master

  • Setelah proses backup aplikasi selesai, maka file backup apk tersebut akan tersimpan pada memory penyimpanan internal kalian. Dan biasanya akan tersimpan pada folder Clean master-backup.

Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall Dengan Clean Master

  • Untuk mengamankan file backup tersebut kalian bisa memindahkan file apk tersebut ke dalam memory eksternal seperti pada penyimpanan pada kartu SD.


Oke, itulah cara backup aplikasi android yang sudah terinstall menggunakan aplikasi Clean Master. Silahkan lakukan tutorial ini jika dirasa dapat bermanfaat bagi kalian. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di postingan menarik lainnya yang akan datang.